Sabtu, 12 Oktober 2019

Makalah Manajemen Pemasaran Era Revolusi Industri Perencanaan Pemasaran Global dan Tahap Tahap Pengembangan Perusahaan Transnasional (NPM GANJIL) MINGGU 1


Makalah Manajemen Pemasaran Era Revolusi Industri
Perencanaan Pemasaran Global dan Tahap Tahap Pengembangan Perusahaan Transnasional
(NPM GANJIL)
MINGGU 1
Dosen: Sri Kurniasih Agustin, SE., MM


Disusun Oleh:
SWASTIKA SURYANI (17216213)
Kelas: 4EA27

FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2019

KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya sehingga makalah tentang “Perencanaan Pemasaran Global Dan Tahap Tahap Pengembangan Perusahaan Transnasional” ini dapat diselesaikan. Makalah ini disusun dalam rangka untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Era Revolusi Industri
Pada kesempatan ini, saya tidak lupa menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu selama menyusun makalah ini terutama untuk Dosen kami Ibu Sri Kurniasih Agustin, orang tua yang selalu memberikan dukungan.
Dengan penuh kesadaran bahwa tak ada gading yang tak retak, maka makalah ini pun tidak luput dari segala kekurangan. Segala kritik dan saran dari pembaca yang sifatnya memperbaiki, menyempurnakan, dan mengembangkan makalah ini sangat saya harapkan.
Saya berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi kita pada umumnya dan bagi kami khususnya.
                                                                               







                                                                                          8/10 2019                                                                                             
        Penulis





DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang...........................................................................................1
1.2  Rumusan Masalah......................................................................................1
1.3  Tujuan Penelitian.......................................................................................1
BAB II PEMBAHASAN
2.1  Perencanaan Pemasaran Global...............................................................2
2.2  Tahap Tahap Pengembangan Perusahaan Transnasional ....................3
BAB III PENUTUP
 3.1 Kesimpulan.................................................................................................6
DAFTAR PUSTAKA...........................................................................................7













BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
  Pada zaman yang serba modern saat ini dengan kecanggihan tekhnologi informasi mendorong seluruh penggiat bisnis untuk dapat menyesuaikan dengan kondisi modernisasi atau yang lebih dikenal dengan Era Globalisasi. Seluruh perusahaan dihadapkan pada lingkungan bisnis global dengan persaingan yang sangat kompetitif. Pengertian Rencana Pemasaran adalah bentuk dari proses manajemen yang mengarah pada strategi pemasaran dimana tujuan utamanya yaitu untuk mencapai tujuan pemasaran sehingga marketing plan dilakukan pada serangkaian proses yang sistematis dan melalui koordinasi untuk mendapatkan keputusan rencana pemasaran.
            Globalisasi ekonomi tidak hanya meningkatkan pertambahan pesaing di pasar, tetapi juga menambah bervariasinya persaingan yang ada di pasar.Perkembangan teknologi informasi seperti jaringan internet, dan teknologi digital lainnya membuka celah pemasaran/distribusi produk yang tidak terbatas pada ruang, tempat, dam waktu. Jaringan dan teknologi digital lainnya ini, juga memungkinkan pertukaran informasi baik mengenai produk, produsen, maupun costumer secara global dan menyeluruh. Hal tersebut dapat diakses oleh pelaku ekonomi dengan mudah sehingga transaksi bisnis tidak lagi terpaku melalui kertas tapi bisa dilaksanakan melalui jalan raya elektronik dengan menggunakan fasilitas-fasilitas yang disediakannya seperti shared database, electronic fund transfer, electronic data incharge, electronic commerce, dsb. Oleh karena itu, mobilitas ekonomi pun semakin cepat dan kompetitif.
1.2  RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah, maka yang menjadi rumusan masalah dalam makalah ini adalah:
1.      Bagaimana perencanaan pemasaran global?
2.      Bagaimana tahap tahap pengembangan perusahaan transnasional?

1.3  TUJUAN PENELITIAN
Berdasarkan rumusan masalah maka tujuan penulisan makalah ini adalah:
1.          Untuk mengetahui perencanaan pemasaran global
2.           Untuk mengetahui tahap tahap pengembangan perusahaan transnasional


BAB II
PEMBAHASAN
2.1    PERENCANAAN PEMASARAN GLOBAL
Beberapa konsep untuk memahami peluang dan tantangan pemasaran global, yaitu:
a.       Strategi
b.      Perusahaan dunia
c.       Pengelompokkan, segmentasi dan target pemasaran
d.      Kepekaan lingkungan
e.       Pengaruh yang mempersatukan dan yang membedakan
f.       Daur hidup produk
v  Dimensi strategi, dibagi sebagai berikut:
a.       Lingkungan
Ekonomi, sosiobudaya, politik, teknologi, pasar, biaya, pesaing, pelanggan, dan pemerintahan.
b.      Organisasi
SDM, pemasaran, keuangan, proses manufaktur, rakayas, dan litbang.
c.       Nilai pihak yang berkepentingan
Pertumbuhan, tanggung jawab sosial, etika, estetika, gaya, kemampuan laba, geografis.

Ø  Proses perumusan strategi, adalah sebagai berikut:
a.       Penilaian kesempatan, ancaman dan kecenderungan lingkungan, kekuatan dan kelemahan organisasi serta keinginan pihak yang berkepentingan.
b.      Penentuan tujuan dan sasaran
c.       Proses identifikasi kekuatan yang mendorong bisnis, kompetensi yang membedakan
d.      Mengembangkan rencana dan program terpadu.
e.       Implementasi rencana
f.       Pengendalian.
*      Persyaratan untuk keberhasilan rencana pemasaran global:
a.       Pengetahuan tetntang pasar dan lingkungan pemasaran
b.      Pengetahuan pengenalan produk formal, teknologinya dan manfaat intinya
c.       Pengetahuan mengenai fungsi dan disiplin pemasaran.
q  Suatu rencana pemasaran global haruslah sebagai berikut:
a.       Mempunyai standar
b.      Terdesentalisasi
c.       Interaktif.
R  Persyaratan untuk keberhasilan rencana pemasaran global:
a.              Pengetahuan tentang pasar dan lingkungan lingkungan pemasaran
b.             Pengetahuan mengenali produk formal, teknologinya dan manfaat intinya
c.              Pengetahuan mengenai fungsi dan disiplin pemasaran

2.2              TAHAP TAHAP PENGEMBANGAN PERUSAHAAN TRANSNASIONAL
a.    Tahap perusahaan pertama adalah Perusahaan Domestik
·   Beroperasi didalam negeri
·   Orientasi Etnosentris
Perusahaan domestik adalah suatu unit bisnis yang tingkat operasional dan pangsa pasarnya berada dalam suatu wilayah saja tanpa melewati batas suatu negara. Jenis perusahaan ini masih bersifat sederhana dan tidak kompleks karena hanya memperhitungkan berbagai variabel yang berlaku di sekitarnya saja mulai dari besar kecil kompensasi, budaya perusahaan, rekrutmen tenaga kerja, analisis pasar, dan lain sebagainya. Model perusahaan domestik tidak ada dan orientasi pasar domestik adalah bersifat etnosentris yaitu yaitu bahwa sifat pasar atau konsumen dimanapun akan sama, sehingga manajemen memandang pasar domestik padat dengan peluang yang jauh lebih aman. Peran unit negara perusahaan domestik adalah satu negara dan pengetahuannya dari negara itu sendiri Contoh perusahaannya adalah perusahaan air minum dalam kemasan dari Indonesia yaitu PT. Tirta Bahagia.

b.   Tahap perusahan kedua adalah Perusahaan Internasional
·   Beroperasi di beberapa negara
·   Orientasi Etnosentris
Perusahaan internasional adalah suatu unit bisnis yang sudah memperluas atau ekspansi produksi dan pemasaran produk baik barang maupun jasa ke luar negeri dari negara asalnya. Pada tahap kedua perusahaan mulai mengembangkan kegiatannya ke luar negeri, walaupun kegiatannya sudah berkembang ke luar negeri tetapi orientasi perusahaannya masih etnosentris atau masih berfokus terhadap pasar dalam negeri. Model perusahaan internasional adalah federasi terkoordinasi dimana perusahaan pusat mengembangkan sistem-sistem manajemen canggih yang memungkinkannya untuk mempertahankan kontrol keseluruhan, meskipun ruang-lingkup diberikan pada manajemen lokal untuk mengadopsi praktek-praktek yang mengenali kondisi-kondisi pasar lokal. Peran unit negara perusahaan internasional adalah mengadaptasi dari negara yang di ekspor dan terus meningkatkan kompetensinya. Pengetahuan perusahaan internasional berasal dari pusat dan dialihkan ke manajemen lokal. dari Contoh perusahaanya adalah PT. Sidomuncul yang berasal dari Indonesia yang produknya Tolak Angin dan sudah berbagai negara.
c.    Tahap perusahaan ketiga adalah Perusahaan Multinasional
·   Beroperasi di beberapa negara lebih banyak dari perusahaan internasional
·   Orientasi Polisentris
Perusahaan multinasional adalah perusahaan yang berusaha di banyak negara, perusahaan ini biasanya sangat besar. Perusahaan seperti ini biasanya memiliki kantor-kantor, pabrik atau kantor cabang di banyak negara. Penyesuaian dengan budaya di tiap negara merupakan suatu keharusan untuk dapat bertahan dan sukses. Orientasi perusahaan multinasional berubah menjadi polisentris yaitu perusahaan menggunakan strategi yang terbaik dang yang berbeda sesuai kebudayaan negara tersebut. Model perusahaan multinasional adalah federasi terdesentralisasi yaitu perusahaan yang berada di negara lain berusaha untuk mengoptimalkan kinerja mereka di negara masing-masing. Peran unit negara perusahaan multinasional adalah melihat ada atau tidaknya peluang di masing-masing negara. Pengetahuan perusahaan multinasional adalah dipertahankan dalam unit operasi. Contoh perusahaannya adalah Asustek Computer Incorporated yang berasal dari China Taipei yang memproduksi laptop, telepon genggam dan lain-lain.

d.   Tahap perusahaan keempat adalah Perusahaan Global
·   Beroperasi dibeberapa negara dengan penekanan Sumber Daya Dalam Negeri
·   Orientasi Geosentris
Perusahaan global adalah  perusahaan yang memiliki kantor pusat di banyak negara lain dengan sistem pengambilan keputusan desentralisasi. Sistem partisipasi bisnis global digunakan karena sudah semakin pudar dan hilangnya batasan-batasan pasar suatu negara dengan negara lainnya (globalisasi). Biasanya perusahaan global memiliki ciri distribusi sudah ekspor, memiliki unit produksi di luar negara asal dan melakukan aliansi dengan perusahaan asing. Orientasi perusahaan global adalah campuran dari etnosentris, polisentris dan geosentris. Model perusahaan global adalah federasi tersentralisasi yaitu fokusnya di pasar global dari pada pasar lokal. Peran unit negara perusahaan global adalah pemasaran atau pemcari pemasok dari berbagai negara. Pengetahuan perusahaan global adalah pemasaran dikembangkan dan dipakai bersama di seluruh perusahaan. Contoh perusahaannya adalah PT. Unilever yang berasal dari Belanda yang memproduksi makanan, minuman,pembersih dan lain-lain
e.    Tahap perusahaan kelima adalah Perusahaan Transnasional
·   Perusahaan telah mendunia
·   Orientasi Geosentris
Perusahaan transnasional  adalah perusahaan yang memproduksi barang atau jasa dilebih dari satu Negara. Perusahaan seperti ini bias berupa perusahaan kecil yang memiliki satu atau dua pabrik dinegara lain, atau juga perusahaan-perusahaan raksasa yang beroprasi diseantero planet ini. Orientasi perusahaan transnasional adalah geosentris yaitu berwawasan global tanpa memandang negara asalnya. Model perusahaan transnasional adalah jaringan terpadu yaitu perusahaan mengembangkan kemampuan strategi dari tahap-tahap sebelumnya dan menggabungkannya  terhadap persaingan global tapi juga mengijinkan kewaspadaan lokal pada kebutuhan-kebutuhan pasar. Peran unit negara perusahaan transnasional adalah berkontribusi terhadap perusahaan di seluruh dunia. Pengetahuan perusahaan transnasional adalah semua fungsi dari tahap sebelumnya dikembangkan dan dipakai bersama. Contoh perusahaanya adalah PT. Coca Cola Company yang berasal dari Amerika yang memproduksi minuman bersoda.

BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Pemasaran Global diartikan sebagai proses pemusatan sumber daya dan tujuan organisasi pada peluang pasar. Dalam melakukan sebuah bisnis atau membangun perusahaan yang berskala internasional, masing-masing pelaku pemasaran harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam kaitannya dengan Pemasaran Global. Sehingga mampu bersaing dengan baik dan juga mampu menguasai pangsa pasar internasional.
















DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makalah Manajemen Pemasaran Era Revolusi Industri Perencanaan Pemasaran Global dan Tahap Tahap Pengembangan Perusahaan Transnasional (NPM GANJIL) MINGGU 1

Makalah Manajemen Pemasaran Era Revolusi Industri Perencanaan Pemasaran Global dan Tahap Tahap Pengembangan Perusahaan Transnasional ...